28 Februari 2018

Perbedaan Windows dan Linux


Ditulis oleh Muhamad Ridho Bahri, 28 Februari 2018 11:21 WIB GMT +7 Jakarta

Apa perbedaan antara Windows dan Linux?

Perbedaan mendasar antara Linux dan Windows meliputi:

1. Linux didasarkan pada filosofi UNIX dan mendukung antarmuka sistem POSIX standar. Windows di sisi lain hanya menyediakan untuk POSIX menggunakan lapisan emulasi.

2. Linux ABI mendukung format file ELF sedangkan kernel Windows mendukung PE format file

3. Pengembangan Linux bersifat open source dan disumbangkan oleh banyak organisasi dan pengembang individual di seluruh dunia. Pengembangan sistem operasi Windows dibatasi ke dalam Microsoft. Namun, pengembang eksternal bisa menulis driver yang bisa bekerja dari dalam kernel. Ini secara alami diterjemahkan ke dalam model lisensi masing-masing.

4. Linux itu sendiri hanyalah sebuah kernel dan sering digunakan dalam kombinasi dengan toolchain GNU dan window manager X untuk menyediakan antarmuka GUI. Jendela di sisi lain selalu dikemas dengan jendela / sistem grafisnya sendiri.

Ada banyak hype seputar perbedaan Windows dan Linux. Penggemar Linux mati-keras mengatakan bahwa sistem operasi lebih unggul karena akses open-source dan pengelolaan yang lebih baik. Windows mendominasi pasar selama beberapa tahun, dan pengguna Windows menyukai antarmuka grafis dan kemudahan instalasi perangkat keras. Kedua sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan, dan beberapa perbedaan ini lebih hype daripada fitur penting.

Open-Source versus Closed-Source

Microsoft telah lama melindungi kode sumber sistem operasi perusahaan. Masalah dengan menjaga kode sumber tertutup adalah hanya Microsoft yang bisa menambahkan fungsionalitas sistem operasi. Ini termasuk menemukan kelemahan keamanan atau masalah dengan kode. Dengan open source, coder apapun bisa menambah sistem operasi dan menyesuaikannya dengan keinginannya. Kekurangan keamanan dapat ditemukan oleh siapa saja yang ingin meretas sistem. Hasil akhirnya adalah sistem operasi yang lebih aman.

Akses Baris Perintah

Linux selalu dianggap sebagai sistem operasi command line sementara Microsoft membuat antarmuka pengguna untuk mouse. Microsoft mencoba membuat antarmuka lebih user friendly sementara Linux membutuhkan beberapa pengetahuan tentang command line untuk mengkonfigurasi perangkat lunak dan perangkat keras. Secara keseluruhan, Linux melayani orang-orang yang lebih mengenal konfigurasi command line, dan ada lebih banyak pilihan dengan command line yang bisa dimanfaatkan oleh administrator jaringan.

Komunitas versus Dukungan Berbayar

Linux bebas, perangkat lunak open-source dengan puluhan forum dukungan masyarakat. Namun, tidak ada dukungan berbayar yang mengubah banyak perusahaan. Linux masih memiliki banyak pendukung, namun perusahaan bersandar ke sistem operasi dengan dukungan telepon dari seorang profesional. Beberapa paket Linux menawarkan dukungan berbayar, namun Microsoft juga memiliki tim dukungan teknis yang Anda hubungi dan bayar untuk mendapatkan dukungan. Sekali lagi, ini kembali memiliki pemahaman komputer dan perangkat keras yang lebih baik. Administrator Linux biasanya bisa menemukan jawaban dari masyarakat. Microsoft juga memiliki forum pendukung, namun administrator bisa menghubungi Microsoft dan mendapat dukungan dari perusahaan.

Kebebasan Perizinan

Microsoft memiliki kebijakan ketat tentang mengubah kode sumber atau mencoba merekayasa ulang kode sistem operasi. Setiap perubahan pada sistem operasi membatalkan kesepakatan apa pun, dan Microsoft mungkin tidak membantu dengan dukungan. Karena Linux bersifat open source, Anda memiliki dukungan untuk masalah terlepas dari perubahan. Sekali lagi, dukungan mungkin ada di forum, tapi ada dukungan dan Anda tidak melanggar hukum saat Anda mengubah kode sistem operasi.

Integrasi Perusahaan versus Komputer Pribadi

Meski beberapa proses backend network menggunakan Linux atau Unix, kebanyakan perusahaan lebih menyukai Windows, karena pengguna mengenal Windows. Penggemar Linux akan berpendapat bahwa Linux mudah digunakan, namun Windows masih mendominasi pasar, dan pengguna lebih mudah menyesuaikan diri dengan komputer baru mereka dengan Windows.

Meskipun kelima alasan ini tidak mencakup semua perbedaan dan hype, namun ini mencakup apa yang biasanya dipertimbangkan terutama di dunia usaha saat memilih sistem operasi.



*klik gambar untuk memperbesar





Referensi :
https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-Windows-and-Linux

Muhamad Ridho Bahri

Pemilik Situs, Penulis, Sekaligus Editor

Saya seorang Freelancer Expert di bidang Animasi dan IT. Sekarang saya bekerja secara mandiri dan memiliki bisnis online yaitu produk digital online atau bisnis freelance. jika anda memiliki pertanyaan silahkan tanyakan pada saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Attention:
You are Forbidden to Comment Hate, Say Rude, .etc do not do that. thank you