Cara membuat file Adobe PDF di Illustrator - ridhobahrisoftware

04 March 2018

Cara membuat file Adobe PDF di Illustrator


Tentang Adobe PDF


















Portable Document Format (PDF) adalah format file universal yang melindungi font, gambar, dan tata letak dokumen sumber yang dibuat pada berbagai macam aplikasi dan platform. Adobe PDF adalah standar untuk distribusi dan pertukaran dokumen elektronik dan formulir yang aman, andal di seluruh dunia. File Adobe PDF kompak dan lengkap, dan dapat dibagi, dilihat, dan dicetak oleh siapa saja dengan perangkat lunak Adobe Reader® gratis.


Adobe PDF sangat efektif dalam alur kerja penerbitan cetak. Dengan menyimpan komposit karya seni Anda di Adobe PDF, Anda membuat file yang ringkas dan andal yang dapat Anda lihat, edit, atur, dan bukti. Kemudian, pada waktu yang tepat dalam alur kerja, penyedia layanan Anda dapat mengeluarkan file Adobe PDF secara langsung, atau mengolahnya menggunakan alat dari berbagai sumber untuk tugas pasca pemrosesan seperti pemeriksaan preflight, perangkap, pemaksaan, dan pemisahan warna.


Bila Anda menyimpannya di Adobe PDF, Anda dapat memilih untuk membuat file PDF / X-compliant. PDF / X (Portable Document Format Exchange) adalah subset dari Adobe PDF yang menghilangkan banyak variabel warna, font, dan menjebak yang menyebabkan masalah pencetakan. PDF / X dapat digunakan dimanapun PDF dipertukarkan sebagai master digital untuk produksi cetak - baik pada tahap pembuatan maupun keluaran alur kerja, selama perangkat aplikasi dan keluaran mendukung PDF / X.


Adobe PDF dapat memecahkan masalah berikut yang terkait dengan dokumen elektronik:
















Common problem


Adobe PDF solution



Recipients can't open files because they don't have the applications used to create the files.


Anyone, anywhere can open a PDF. All you need is the free Adobe Reader software.



Combined paper and electronic archives are difficult to search, take up space, and require the application in which a document was created.


PDFs are compact and fully searchable, and can be accessed at any time using Reader. Links make PDFs easy to navigate.



Documents appear incorrectly on handheld devices.


Tagged PDFs allow text to reflow for display on mobile platforms such as Palm OS®, Symbian™, and Pocket PC® devices.



Documents with complex formatting are not accessible to visually impaired readers.


Tagged PDFs contain information on content and structure, which makes them accessible on-screen readers.






Buat file Adobe PDF






Anda dapat membuat berbagai jenis file PDF dari dalam Illustrator. Anda dapat membuat PDF multipage, PDF berlapis, dan file PDF / x-compliant. PDF berlapis memungkinkan Anda menyimpan satu PDF dengan lapisan yang dapat digunakan dalam konteks yang berbeda. File PDF / X-compliant memudahkan beban warna, font, dan masalah perangkap.




Buat Adobe PDF





Pilih File> Save As atau File> Save A Copy.




Ketik nama file, dan pilih lokasi untuk file.




Pilih Adobe PDF (* .PDF) sebagai format file, dan klik Save.




Pilih salah satu preset dari menu Adobe PDF Preset, atau pilih kategori dari daftar di sebelah kiri kotak dialog dan kemudian sesuaikan pilihannya.




Klik Simpan PDF.


















catatan:


Untuk mengatur ulang pilihan ke default, tahan Alt (Windows) atau Option (Mac OS) dan klik Reset.








Buat Adobe PDF beberapa halaman







Buat beberapa artboards dalam sebuah dokumen.




Pilih File> Save As, dan pilih Adobe PDF forSave As Type.




Lakukan salah satu dari yang berikut:






Untuk menyimpan semua artboards ke satu PDF, pilih All.
Untuk menyimpan subset dari artboards ke satu PDF, pilih Range, dan ketik kisaran artboards.




Klik Save, dan atur pilihan PDF tambahan di kotak dialog Save Adobe PDF.

Klik Simpan PDF.










Buat Adobe PDF berlapis






Adobe InDesign dan Adobe Acrobat keduanya menyediakan fitur untuk mengubah visibilitas lapisan dalam file Adobe PDF. Dengan menyimpan file PDF berlapis di Illustrator, Anda membiarkan ilustrasi Anda digunakan dalam konteks yang berbeda. Misalnya, daripada membuat beberapa versi dari ilustrasi yang sama untuk publikasi multilanguage, Anda dapat membuat satu file PDF yang berisi teks untuk semua bahasa.






Atur ilustrasi Anda sehingga elemen yang dapat disetel (yang ingin Anda tampilkan dan sembunyikan) berada di lapisan tingkat atas yang terpisah, tidak bersarang di dalam sublayer.






Misalnya, jika Anda membuat ilustrasi yang harus diganti untuk beberapa bahasa, letakkan teks untuk setiap bahasa di lapisan tingkat atas yang berbeda.






Simpan file dalam format Adobe PDF.


Di kotak dialog Save Adobe PDF, pilih Acrobat 8 (1.7) atau Acrobat 7 (1.6) untuk Kompatibilitas.


Pilih Buat Acrobat Layers dari Lapisan Tingkat Atas, atur opsi PDF tambahan, dan klik Save PDF.










Buat file Adobe PDF / X-compliant










PDF / X (Portable Document Format Exchange) adalah standar ISO untuk pertukaran konten grafis yang menghilangkan banyak variabel warna, font, dan menjebak yang menyebabkan masalah pencetakan. Illustrator mendukung PDF / X-1a (untuk alur kerja CMYK), PDF / X-3 (untuk alur kerja yang diatur warna), dan PDF / X-4 (untuk alur kerja yang dikelola dengan warna ditambah dukungan untuk melestarikan transparansi secara live dari diratakan).






Anda dapat membuat file PDF / X-compliant selama proses menyimpan file PDF.






















Di kotak dialog Save Adobe PDF, pilih preset PDF / X, atau pilih format PDF / X dari menu Standar.














Klik Output di sisi kiri kotak dialog Save Adobe PDF, dan atur opsi PDF / X.














Buat dokumen PDF kompak






Illustrator menyediakan pilihan untuk menyimpan dokumen dalam ukuran file terkecil. Untuk menghasilkan PDF yang ringkas dari Illustrator, lakukan hal berikut:






Klik File> Save As dan pilih PDF.





Di kotak dialog Save Adobe PDF, pilih opsi Ukuran File Terkecil dari Adobe PDF Preset.


Pastikan Anda tidak memilih kotak centang Preserve Illustrator Editing Capabilities agar tidak menyimpan sumber Illustrator beserta dokumennya.


















Preset Adobe PDF






PDF preset adalah kumpulan setting yang mempengaruhi proses pembuatan PDF. Pengaturan ini dirancang untuk menyeimbangkan ukuran file dengan kualitas, tergantung bagaimana PDF akan digunakan. Sebagian besar preset yang telah ditetapkan sebelumnya dibagikan ke Adobe Suitecomponen Teknis, termasuk InDesign, Illustrator, Photoshop, dan Acrobat. Anda juga dapat membuat dan berbagi preset khusus untuk kebutuhan keluaran unik Anda.






Beberapa prasetel yang tercantum di bawah tidak tersedia sampai Anda memindahkannya - sesuai kebutuhan - dari folder Ekstra (di mana mereka diinstal secara default) ke folder Settings. Biasanya, folder Extras and Settings ditemukan di (Windows) ProgramData \ Adobe \ AdobePDF atau (Mac OS) Library / Application Support / Adobe PDF. Beberapa preset tidak tersedia di beberapa komponen Creative Suite.






Pengaturan khusus ditemukan di (Windows) Users / [username] / AppData / Roaming / Adobe / Adobe PDF / Settings atau (Mac OS) Users / [username] / Library / Application Support / Adobe / Adobe PDF / Settings.


catatan:


Tinjau pengaturan PDF Anda secara berkala. Pengaturan tidak secara otomatis kembali ke pengaturan default. Aplikasi dan utilitas yang membuat PDF menggunakan kumpulan pengaturan PDF yang ditetapkan atau dipilih.



Cetak Kualitas Tinggi


Membuat PDF untuk pencetakan berkualitas pada printer desktop dan perangkat pemeriksaan. Preset ini menggunakan PDF 1.4, warna turunan dan gambar grayscale menjadi 300 ppi dan gambar monokrom sampai 1200 ppi, menyematkan subset dari semua font, membuat warna tidak berubah, dan tidak meratakan transparansi (untuk jenis file yang mampu melakukan transparansi). PDF ini dapat dibuka di Acrobat 5.0 dan Acrobat Reader 5.0 dan yang lebih baru. Di InDesign, preset ini juga menciptakan file PDF yang ditandai.














Illustrator Default (hanya Illustrator)






Membuat PDF di mana semua data Illustrator dipertahankan. PDF yang dibuat dengan preset ini dapat dibuka kembali di Illustrator tanpa kehilangan data.














Halaman yang terlalu banyak (hanya Acrobat)






Membuat PDF cocok untuk dilihat dan dicetak gambar teknik lebih besar dari 200 x 200 inci. PDF ini bisa dibuka di Acrobat dan Reader 7.0 dan yang lebih baru.














PDF / A-1b: 2005 (CMYK dan RGB) (hanya Acrobat)






Digunakan untuk pelestarian jangka panjang (arsip) dokumen elektronik. PDF / A-1b menggunakan PDF 1.4 dan mengubah semua warna menjadi CMYK atau RGB, tergantung pada standar yang Anda pilih. PDF ini dapat dibuka di Acrobat dan Reader versi 5.0 dan yang lebih baru.














PDF / X-1a (2001 dan 2003)






PDF / X-1a mewajibkan semua font disematkan, tanda dan perdarahan yang tepat untuk ditentukan, dan warnanya tampil sebagai CMYK, spot color, atau keduanya. File yang sesuai harus berisi informasi yang menjelaskan kondisi pencetakan yang telah disiapkannya. File PDF yang dibuat dengan PDF / X-1a compliance dapat dibuka di Acrobat 4.0 dan Acrobat Reader 4.0 dan yang lebih baru.






PDF / X-1a menggunakan PDF 1.3, warna turunan dan gambar abu-abu menjadi 300 ppi dan gambar monokrom sampai 1200 ppi, menyematkan subkumpulan dari semua font, membuat PDF yang tidak bergradasi, dan meratakan transparansi menggunakan pengaturan Resolusi Tinggi.






Catatan: Preset PDF / X1-a: 2003 dan PDF / X-3 (2003) ditempatkan di komputer Anda saat penginstalan namun tidak tersedia sampai Anda memindahkannya dari folder Ekstra ke folder Settings.














PDF / X-3






Preset ini membuat PDF berdasarkan standar ISO PDF / X-3: 2002. PDF yang dibuat dalam setting ini dapat dibuka di Acrobat 4.0 dan Acrobat Reader 4.0 atau yang lebih baru.














PDF / X-4 (2008)






Preset ini membuat file ISO PDF / X-4: 2008 mendukung transparansi hidup (transparansi tidak rata) dan manajemen warna ICC. File PDF yang diekspor dengan preset ini ada dalam format PDF 1.4. Gambar dilipat dan dikompres dan font disematkan dengan cara yang sama seperti pada pengaturan PDF / X-1a dan PDF / X-3. Anda dapat membuat file PDF yang sesuai PDF / X-4: 2008 langsung dari komponen Creative Suite 4 dan 5 termasuk Illustrator, InDesign, dan Photoshop. Acrobat 9 Pro menyediakan fasilitas untuk memvalidasi dan preflight file PDF untuk kepatuhan PDF / X-4: 2008 serta mengkonversi file non-PDF / X ke PDF / X-4: 2008 jika memungkinkan.






Adobe merekomendasikan PDF / X-4: 2008 sebagai format file PDF yang optimal untuk alur kerja penerbitan cetak PDF yang andal.














Tekan Mutu






Membuat file PDF untuk produksi cetak berkualitas tinggi (misalnya untuk pencetakan digital atau untuk pemisahan ke fingerprinter atau pelacak), namun tidak membuat file yang sesuai dengan PDF / X. Dalam hal ini, kualitas konten adalah pertimbangan tertinggi. Tujuannya adalah untuk menjaga semua informasi dalam file PDF yang dibutuhkan oleh printer komersial atau penyedia cetak agar bisa mencetak dokumen dengan benar. Pilihan ini menggunakan PDF 1.4, mengubah warna menjadi CMYK, menurunkan warna gambar dan gambar grayscale menjadi 300 ppi dan gambar monokrom menjadi 1200 ppi, menyematkan subkumpulan dari semua font, dan mempertahankan transparansi (untuk jenis file yang mampu melakukan transparansi).






File PDF ini bisa dibuka di Acrobat 5.0 dan Acrobat Reader 5.0 dan yang lebih baru.






Catatan: Sebelum membuat file Adobe PDF untuk dikirim ke printer komersial atau penyedia layanan cetak, cari tahu resolusi output dan pengaturan lainnya, atau mintalah file .joboptions dengan pengaturan yang disarankan. Anda mungkin perlu menyesuaikan pengaturan Adobe PDF untuk penyedia tertentu dan kemudian menyediakan file .joboptions Anda sendiri.














Kaya Konten PDF






Membuat file PDF yang mudah diakses yang menyertakan tag, hyperlink, bookmark, elemen interaktif, dan lapisan. Kumpulan opsi ini menggunakan PDF 1.5 dan menyematkan subkumpulan dari semua font. Ini juga mengoptimalkan file untuk penyajian byte. File PDF ini bisa dibuka di Acrobat 6.0 dan Adobe Reader 6.0 dan yang lebih baru. (Presentasi PDF Konten Kaya ada di folder Ekstra.)






Catatan: Preset ini disebut e-book di versi beberapa aplikasi sebelumnya.














Ukuran File Terkecil






Membuat file PDF untuk ditampilkan di web, intranet, atau untuk distribusi email. Kumpulan opsi ini menggunakan kompresi, downsampling, dan resolusi gambar yang relatif rendah. Ini mengubah semua warna menjadi sRGB dan menyematkan font. Ini juga mengoptimalkan file untuk penyajian byte. Untuk hasil terbaik, hindari penggunaan preset ini jika Anda berniat mencetak file PDF.






File PDF ini bisa dibuka di Acrobat 5.0 dan Acrobat Reader 5.0 dan yang lebih baru.














Iklan Majalah 2006 (Jepang)






Preset ini membuat PDF berdasarkan peraturan pembuatan yang dirancang oleh komite Pengiriman Data Digital.



catatan:


Untuk informasi lebih lanjut tentang pengaturan PDF bersama untuk komponen Creative Suite, lihat Panduan Integrasi PDF di SuiteDVD Kreatif.









Customize PDF presets






Meskipun preset PDF default didasarkan pada praktik terbaik, Anda mungkin menemukan alur kerja Anda, atau mungkin alur kerja printer Anda, memerlukan pengaturan PDF khusus yang tidak tersedia melalui preset built-in. Jika ini masalahnya, Anda atau penyedia layanan Anda dapat membuat preset kustom.


Pilih Edit> Adobe PDF Presets.






Lakukan salah satu dari yang berikut:









Untuk membuat preset baru, klik Baru. Jika Anda ingin mendasarkan preset baru pada preset yang ada, pilih preset terlebih dahulu.
Untuk mengedit preset kustom yang ada, pilih preset dan klik Edit. (Anda tidak dapat mengedit prasetel default.)
Untuk menghapus preset, pilih dan klik Hapus.










Untuk menyimpan preset di lokasi selain folder Pengaturan default dalam folder Adobe PDF, pilih dan klik Save As. Tentukan lokasi dan klik Simpan.






Tetapkan opsi PDF, dan klik OK.










Sebagai alternatif, Anda dapat membuat preset kustom saat menyimpan file PDF dengan mengklik Save Preset di bagian bawah kotak dialog Save Adobe PDF.


catatan:


Jika Anda ingin membagikan preset Anda dengan kolega, pilih satu atau beberapa prasetel dan klik Ekspor. Preset disimpan ke file jogoptions terpisah, yang kemudian dapat Anda transfer ke kolega Anda melalui e-mail atau melalui jaringan komputer Anda.









Muat preset PDF






Illustrator hadir dengan file preset PDF tambahan (.joboptions). Anda mungkin juga menerima file preset PDF kustom dari penyedia layanan dan kolega.


Untuk memuatkan preset PDF ke semua aplikasi Creative Suite Anda, lakukan salah satu dari yang berikut:



Klik dua kali file .joboptions.
Pilih Edit> Adobe PDF Presets. Klik Import, dan pilih file .joboptions yang ingin Anda muat.

No comments:

Attention:
You are Forbidden to Comment Hate, Say Rude, .etc do not do that. thank you

LINK

Google Play Store Link

Apple Store Link
Saat ini Tidak Tersedia