Autodesk Maya - Cara Render Video Animasi di Autodesk Maya lewat Playblast - ridhobahrisoftware

30 May 2018

Autodesk Maya - Cara Render Video Animasi di Autodesk Maya lewat Playblast


Ditulis oleh Muhamad Ridho Bahri

Autodesk Maya, adalah aplikasi komputer grafis 3D yang berjalan pada Windows, MacOS dan Linux, yang awalnya dikembangkan oleh Alias Systems Corporation sebelumnya Alias Wavefront dan saat ini dimiliki dan dikembangkan oleh Autodesk, Inc. Digunakan untuk membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk video game, film animasi, serial TV, atau efek visual.





Sejarah Maya

Maya awalnya adalah produk animasi generasi berikutnya berdasarkan kode dari The Advanced Visualizer oleh Wavefront Technologies, PowerAnimator oleh Alias ​​Research, Inc., dan Alias ​​Sketch !. Proyek-proyek berbasis IRIX digabungkan dan fitur-fitur animasi ditambahkan; codename proyek adalah Maya. Walt Disney Feature Animation bekerja sama erat dengan perkembangan Maya selama produksi Dinosaur. Disney meminta agar antarmuka Pengguna dari aplikasi dapat disesuaikan sehingga alur kerja yang dipersonalisasi dapat dibuat. Ini adalah pengaruh khusus dalam arsitektur Maya yang terbuka, dan sebagian bertanggung jawab untuk itu menjadi sangat populer di industri animasi.

Setelah Silicon Graphics Inc. mengakuisisi Alias ​​dan Wavefront Technologies, Inc., teknologi next-generation Wavefront (kemudian dalam pengembangan) digabungkan ke Maya. Akuisisi SGI adalah respon terhadap Microsoft Corporation mengakuisisi Softimage, Co. Perusahaan baru yang sepenuhnya dimiliki itu bernama "Alias ​​| Wavefront".

Pada hari-hari awal pengembangan, Maya mulai dengan Tcl sebagai bahasa scripting, untuk memanfaatkan kemiripannya dengan bahasa shell Unix. Namun setelah merger dengan Wavefront, Sophia, bahasa scripting dalam Wavefront's Dynamation, dipilih sebagai basis dari MEL (bahasa Maya tertanam).

Maya 1.0 dirilis pada Februari 1998. Setelah serangkaian akuisisi, Maya dibeli oleh Autodesk pada tahun 2005. Di bawah nama perusahaan induk baru, Maya diberi nama Autodesk Maya. Namun, nama "Maya" terus menjadi nama dominan yang digunakan untuk produk tersebut.



Penjelasan Singkat, Apa itu Playblast di Maya?

Playblast adalah pratinjau cepat yang memungkinkan Anda membuat "sketsa" animasi Anda, memberikan ide realistis hasil render akhir Anda tanpa memerlukan waktu yang dibutuhkan untuk render formal. Playblasting memberi Anda cara cepat untuk mengevaluasi pekerjaan Anda dengan cepat, mengambil tangkapan layar animasi di viewport di setiap frame selama pemutaran, dan kemudian "peledakan" gambar tersebut ke penampil gambar.

Secara default, Playblast menghasilkan film atau gambar menggunakan tampilan aktif dan rentang waktu saat ini di Penggeser Waktu untuk menentukan rentang animasi. Skala default adalah 0,5, yang membuat resolusi gambar Playblast seperempat ukuran tampilan aktif.

Secara default, film playblasted disimpan ke lokasi proyek film Anda. (Ini diatur di Project Window.) Jika ada beberapa direktori yang diatur di lokasi proyek Movie, Maya menggunakan lokasi pertama yang terdaftar. Anda juga dapat mengubah Direktori di Playblast Shot Options atau Playblast Sequence Options untuk mengubah tempat file film disimpan.


Saya Akan Menunjukan Bagaimana Cara Render Video Animasi "Playblast" di Maya
ikuti langkah yang ada dibawah ini


Untuk playblast animation:

Windows > Playblast
Pada pengaturan menu Animation silahkan pilih menu Playback > Playblast

Lalu akan muncul box seperti ini

*klik gambar untuk memperbesar



Silahkan anda anda atur settingannya
jika sudah selesai, anda tekan tombol "Playblast" untuk Render

Selesai.



Sumber
https://en.wikipedia.org/wiki/Autodesk_Maya
https://images.google.com/
https://knowledge.autodesk.com/support/maya-lt/learn-explore/caas/CloudHelp/cloudhelp/2017/ENU/MayaLT/files/GUID-1C6EDC8D-DA67-490E-81F1-1205336DEBD9-htm.html

No comments:

Attention:
You are Forbidden to Comment Hate, Say Rude, .etc do not do that. thank you

LINK

Google Play Store Link

Apple Store Link
Saat ini Tidak Tersedia