21 Februari 2019

Tutorial Android Studio - Part 2 Install Android Studio + Beserta SDK + JDK nya



Tutorial Android Studio - Part 2 
Install Android Studio + Beserta SDK + JDK nya


Agar Android Studio dapat berjalan dengan lancar anda membutuhkan komponen dan dokumen untuk software Android Studio di komputer anda. 

Untuk itu anda perlu menyiapkan dokumen dan file  SDK + JDK

Apa itu SDK ? 

Secara Definisi - Apa artinya Android SDK?
Android SDK (kit pengembangan perangkat lunak) adalah seperangkat alat pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk platform Android. Android SDK meliputi yang berikut:



  • Perpustakaan yang dibutuhkan
  • Debugger
  • Sebuah emulator
  • Dokumentasi yang relevan untuk antarmuka program aplikasi Android (API)
  • Kode sumber sampel
  • Tutorial untuk OS Android

Setiap kali Google merilis versi Android baru, SDK yang sesuai juga dirilis. Agar dapat menulis program dengan fitur terbaru, pengembang harus mengunduh dan menginstal SDK setiap versi untuk ponsel tertentu.

Platform pengembangan yang kompatibel dengan SDK termasuk sistem operasi seperti Windows (XP atau yang lebih baru), Linux (distribusi Linux terkini) dan Mac OS X (10.4.9 atau lebih baru). Komponen Android SDK dapat diunduh secara terpisah. Pengaya pihak ketiga juga tersedia untuk diunduh.

Meskipun SDK dapat digunakan untuk menulis program Android di command prompt, metode yang paling umum adalah dengan menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE). IDE yang direkomendasikan adalah Eclipse dengan plug-in Android Development Tools (ADT). Namun, IDE lain, seperti NetBeans atau IntelliJ, juga akan berfungsi. Sebagian besar dari IDE ini menyediakan antarmuka grafis yang memungkinkan pengembang untuk melakukan tugas pengembangan lebih cepat. Karena aplikasi Android ditulis dalam kode Java, pengguna harus menginstal Java Development Kit (JDK).

Apa itu JDK ?


JDK atau singkatan dari Java Development Kit, adalah lingkungan pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan applet Java. Ini termasuk Java Runtime Environment (JRE), juru bahasa / pemuat (java), kompiler (javac), pengarsipan (jar), generator dokumentasi (javadoc) dan alat-alat lain yang diperlukan dalam pengembangan Java.

Orang yang baru mengenal Java mungkin bingung tentang apakah akan menggunakan JRE atau JDK. Untuk menjalankan aplikasi dan applet Java, cukup unduh JRE. Namun, untuk mengembangkan aplikasi dan applet Java serta menjalankannya, JDK diperlukan.

Pengembang Java pada awalnya disajikan dengan dua alat JDK, java dan javac. Keduanya dijalankan dari command prompt. File sumber Java adalah file teks sederhana yang disimpan dengan ekstensi .java. Setelah menulis dan menyimpan kode sumber Java, kompiler javac dipanggil untuk membuat file .class. Setelah file .class dibuat, perintah 'java' dapat digunakan untuk menjalankan program java.

Untuk pengembang yang ingin bekerja di lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE), JDK yang dibundel dengan Netbeans dapat diunduh dari situs web Oracle. IDE semacam itu mempercepat proses pengembangan dengan memperkenalkan fitur point-and-click dan drag-and-drop untuk membuat aplikasi.

Ada JDK yang berbeda untuk berbagai platform. Platform yang didukung termasuk Windows, Linux dan Solaris. Pengguna Mac memerlukan kit pengembangan perangkat lunak yang berbeda, yang mencakup adaptasi dari beberapa alat yang ditemukan di JDK.


Kenapa File ini diperlukan?
Karena agar Android Studio berjalan dengan lancar anda perlu mengunduh file tersebut. Pastikan anda memiliki Koneksi Internet Saat menjalankan Program Android Studio

  • Cara Install Android JDK di komputer



pergilah kesitus website java disitu anda akan mendapatkan file instalasi software untuk java jdk dan pastikan anda mengunduh file sdk yang versi terbaru

atau 




Pilih yang JDK



Sesudah di download langsung install sendiri ya..




  • Cara install Android SDK di komputer





Pertama-tama pastikan anda terlebih dahulu untuk menginstall, mengunduh Android Studio 

dan Pastikan Sudah Terpasang di Komputer Masing -masing


Tahap Kedua, pada program android studio anda

Pergilah ke menu  File, Lalu pilih Menu Setting






Lalu akan muncul menu box seperti ini, lalu kalian ketikkan saja di menu pencarian atau dengan melihat screenshot dibawah ini





Silahkan Ceklist / Centang mana saja diperlukan untuk kebutuhan project android anda.


Klik Ok, Lalu tunggu hingga.....


Selesai.



Untuk Melanjutkan bisa melihat artikel Selanjutnya  




[ Lihat Lebih Lanjut ]


Muhamad Ridho Bahri

Pemilik Situs, Penulis, Sekaligus Editor

Saya seorang Freelancer, Expert di bidang Animasi dan IT. Sekarang saya bekerja secara mandiri dan memiliki bisnis online yaitu produk digital online atau bisnis freeance. jika anda memiliki pertanyaan silahkan tanyakan pada saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Attention:
You are Forbidden to Comment Hate, Say Rude, .etc do not do that. thank you