14 Mei 2019

Blender 3D Pengembangan proyek arsitektur



Source :
https://www.blender3darchitect.com/cad/project-development-for-architecture-with-blender/


Pengembangan proyek untuk arsitektur dengan Blender
Pengembangan proyek untuk arsitektur dengan Blender melibatkan banyak langkah dan harus berkembang ke tahap konstruksi. Beberapa arsitek suka menyatakan bahwa tidak ada proyek yang pernah selesai, ditinggalkan begitu saja. Suatu aspek dari hubungan arsitektur dan seni, beberapa orang mengatakan.

Karena sebagian besar artikel dan berita yang diposting di Blender 3D Architect , menunjukkan keberadaan Blender yang kuat pada tahap akhir. Misalnya, Anda bisa mendapatkan proyek dan membuat model 3d, menambahkan lampu, bahan, dan tekstur untuk dirender dalam Siklus.

Pada artikel ini, saya akan berbagi beberapa pemikiran tentang penggunaan Blender untuk pengembangan proyek untuk arsitektur. Dalam tahap perkembangan apa ini berguna, dan bagaimana saya melihat arsitek dan murid-murid saya menggunakan perangkat lunak setiap hari.

Pada tahap pengembangan proyek apa untuk arsitektur kita dapat menggunakan Blender? Saya tahu beberapa arsitek yang menggunakan Blender untuk pengembangan proyek untuk arsitektur. Bagaimana mereka menggunakan Blender untuk mengembangkan proyek?

Penggunaan utama Blender untuk mengembangkan proyek adalah:

  • Mengevaluasi volumetrik desain awal proyek
  • Tempatkan kamera untuk mempelajari sudut pandang dari skala manusia
  • Mengubah sketsa dan bentuk awal dalam animasi (linear dan animasi)
  • Bisakah kita berbuat lebih banyak? Yakin! Banyak arsitek juga menggunakan Blender untuk menangani pemodelan furnitur dan objek untuk diekspor dan digunakan pada alat BIM . Misalnya, Anda dapat membuat model 3d dan mengekspornya untuk digunakan di Revit, ArchiCAD atau perangkat lunak lain.


Alasan yang baik untuk menambahkan Blender ke tahap awal pengembangan proyek adalah kecepatan pemodelan. Ketika saya menunjukkan kepada arsitek apa yang dapat mereka capai dalam waktu singkat, mereka terkesan. Dengan Blender, mereka dapat membuat sketsa 3d dari ide-ide mereka dengan cepat. Tapi, arsitek menginginkan lebih!

Setelah beberapa menit menggunakan Blender untuk membuat model 3d, mereka mulai bertanya tentang kemampuan BIM. Bahkan dengan beberapa Add-on hebat yang memungkinkan kita membuat dinding, jendela dengan cepat, dan pintu kita masih tidak memiliki modul BIM “a” di Blender. Dan mungkin sesuatu yang tidak akan kita lihat dalam waktu dekat.

Alasan yang membuat modul BIM / Add-on sangat sulit muncul di Blender adalah kerumitannya. Sejumlah besar pengembangan akan diperlukan untuk menciptakan sesuatu seperti itu. Apakah layak membuat alat BIM lain? Atau akankah lebih baik untuk mengintegrasikan Blender dalam alur kerja pengembangan proyek untuk arsitektur?

Hari ini Anda sudah memiliki beberapa opsi bagus untuk mengintegrasikan Blender dengan alat BIM. Pilihan yang baik adalah penggunaan Add-on format file IFC untuk mengimpor file tersebut, yang dibuat oleh alat BIM. Dengan menggunakan pengaya ini, Anda dapat dengan cepat mengimpor model ke Blender dan merendernya dalam Siklus.

Apakah ada alat open source lain untuk bekerja dengan BIM? Anda dapat melihat FreeCAD dan Modul Lengkungan mereka . Itu masih pada tahap awal pengembangan, tetapi cukup menjanjikan. Anda akan menemukan dukungan untuk objek arsitektur.

Hanya untuk menyimpulkan artikel, pada titik ini Anda dapat dengan mudah mengambil Blender dalam pengembangan proyek untuk arsitektur. Di awal dan akhir proyek. Untuk tahap tengah, Anda mungkin ingin memindahkan proyek ke alat lain, setidaknya sekarang.

Pada artikel selanjutnya, saya akan kembali ke subjek dan menjelaskan beberapa opsi integrasi lain untuk arsitek dan penggunaan Blender dalam pengembangan proyek untuk arsitektur.

Pengembangan proyek untuk arsitektur
Tahukah Anda bahwa Blender dapat melakukan lebih dari sekadar membuat model volumetrik dan 3d? Kemampuan yang sering diabaikan dalam Blender adalah kemampuan untuk membuat gambar teknis. Ya, Blender dapat menghasilkan dokumentasi lengkap untuk arsitektur.

Bagaimana mungkin? Anda dapat membuat gambar teknis di Blender menggunakan FreeStyle. Dengan teknik NPR dan beberapa prosedur untuk membuat model 2D, kita dapat "membuat" proyek penuh. Hasilnya terlihat seperti sesuatu yang keluar dari AutoCAD, Revit, ArchiCAD atau yang lainnya.

Jika Anda ingin mempelajari cara menggunakan Blender untuk membuat gambar teknis untuk arsitektur, Anda dapat melihat kursus online kami tentang dokumentasi arsitektur dengan Blender dan Freestyle .

Untuk pemodelan dalam arsitektur, Anda juga dapat mencoba kursus tentang pemodelan arsitektur dengan Blender .


Lihat Artikel Selanjutnya tentang Blender 3D

Muhamad Ridho Bahri

Pemilik Situs, Penulis, Sekaligus Editor

Saya seorang Freelancer Expert di bidang Animasi dan IT. Sekarang saya bekerja secara mandiri dan memiliki bisnis online yaitu produk digital online atau bisnis freelance. jika anda memiliki pertanyaan silahkan tanyakan pada saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Attention:
You are Forbidden to Comment Hate, Say Rude, .etc do not do that. thank you